RPP Kelas.7 Chapter.1 How are you? (12 JP)
SATUAN
PENDIDIKAN
|
:
|
SMP
…................
|
MATA
PELAJARAN
|
:
|
BAHASA
INGGRIS
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
VII/I
|
MATERI
POKOK
|
:
|
Teks lisan dan tulis untuk sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf
|
ALOKASI
WAKTU
|
:
|
6
X 2 JP
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
didik mampu:
§ Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
§
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
§ Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
§ Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
dasar
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.1.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.1
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
1.
Menunjukan
sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2.
Menunjukan
sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
3.
Memahami,
menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, serta responnya.
4.
Menggunakan
struktur teks lisan berupa ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta
responnya yang runut dan
tepat.
5.
Menggunakan
unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan
berupa ungkapan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta
responnya yang benar.
A.
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru dan teman.
Struktur
teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan
tata bahasanya)
a.
Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.
Goodbye. Bye. See you later. See
you. Take care., dan semacamnya
c.
Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.
I’m sorry. That’s fine, okay.
Allright., dan semacamnya
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa kata dan tata bahasa baku
(2)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3)
Ejaan dan tanda baca
(4) Tulisan
tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
B.
METODE PEMBELAJARAN
Scientific
Approach dengan model Project Based Learning
C.
MEDIA PEMBELAJARAN
Papan tulis dan spidol
D.
SUMBER BELAJAR
a.
Buku Teks wajib
b.
Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
c.
Contoh peragaan dalam bentuk
rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
d.
Contoh interaksi tertulis
e.
Contoh teks tertulis
f.
Sumber dari internet,
E.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Fase
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam yang
disampaikan oleh guru
2. Peserta didik merespon pertanyaan
guru berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
3. Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain (a) menyapa, (b)
berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf serta meresponnya,
dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan ungkapan yang sesuai dengan
konteksnya (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan
tersebut dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf serta meresponnya, dalam
bahasa Inggris, untuk menjaga hubungan interpersonal dan sesuai
dengan konteksnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan
(a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf,
serta responnya dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi (a) sapaan, (b)
pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf serta
responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi (a)
sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan
sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi (a) sapaan, (b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan
(d) permintaan maaf, serta responnya.
· Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk (a) sapaan, (b) pamitan, (c)
ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya, dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan berbagai ungkapan (a) sapaan,
(b) pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf serta responnya
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan (a) sapaan, (b)
pamitan, (c) ucapan terimakasih, dan (d) permintaan maaf, serta responnya
yang telah dipelajari tersebut di atas
dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam
bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali
muncul kesempatan untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan
terimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya di dalam dan di luar
kelas, untuk menjaga hubungan interpersonal dan sesuai dengan konteksnya.
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c)
mengucapkan terimakasih, dan (d) meminta maaf, serta responnya, dan
menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik bersama guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Peserta didik melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
3. Peserta didik merespon pertanyaan
yang diberikan oleh guru terkait materi pembelajaran.
4. Peserta didik mengetahui materi
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5. Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru.
|
10 menit
|
F.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi sosial (a) menyapa, (b)
berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf,
serta responnya.
·
Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur
ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf,
serta responnya.
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang
menyertai ungkapan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf,
serta responnya.
2.
Cara Penilaian:
a.
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) untuk (a) menyapa, (b)
berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih, (d) meminta maaf, serta responnya.
Nilai
|
Kriteria
|
Terbatas
|
Membaca naskah, kosa
kata terbatas, tidak lancar
|
Memuaskan
|
Lancar, kosa kata dan
kalimat berkembang serta ada transisi
|
Mahir
|
Lancar mencapai fungsi
sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
b.
Observasi:
·
(penilaian
yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan
bahasa Inggris untuk (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih,
dan (d) meminta maaf ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian
Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
|
5
|
Sering menunjukan sikap santun
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap santun
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap santun
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
1
|
||
2
|
Peduli
|
Sangat sering menunjukan sikap peduli
|
5
|
Sering menunjukan sikap peduli
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap peduli
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap peduli
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap peduli
|
1
|
||
3
|
Jujur
|
Sangat sering menunjukan sikap jujur
|
5
|
Sering menunjukan sikap jujur
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap jujur
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap jujur
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap jujur
|
1
|
||
4
|
Disiplin
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
|
5
|
Sering menunjukan sikap disiplin
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap disiplin
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
1
|
||
5
|
Percaya diri
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
|
5
|
Sering menunjukan sikap percaya diri
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan percaya diri
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap percaya diri
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
1
|
||
6
|
Bertanggung jawab
|
Sangat sering menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
5
|
Sering menunjukan sikap bertanggung jawab
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan bertanggung jawab
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
jawab
|
1
|
||
7
|
Kerja sama
|
Sangat sering menunjukan sikap kerja sama
|
5
|
Sering menunjukan sikap kerja sama
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap kerja sama
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama
|
1
|
||
8
|
Cinta damai
|
Sangat sering menunjukan sikap cinta damai
|
5
|
Sering menunjukan sikap cinta damai
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap cinta damai
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap cinta damai
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap cinta damai
|
1
|
||
9
|
Berkomunikasi baik
|
Sangat sering menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
5
|
Sering menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
3
|
||
Pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukan sikap berkomunikasi
baik
|
1
|
Penilaian
Pengetahuan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Tujuan komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
Memahami
|
4
|
||
Cukup memahami
|
3
|
||
Kurang memahami
|
2
|
||
Tidak memahami
|
1
|
||
2
|
Kerunutan teks
|
Sangat runut
|
5
|
Runut
|
4
|
||
Cukup runut
|
3
|
||
Kurang runut
|
2
|
||
Tidak runut
|
1
|
||
3
|
Pilihan kosa kata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
Variatif dan tepat
|
4
|
||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
||
Kurang variatif dan tepat
|
2
|
||
Tidak variatif dan tepat
|
1
|
||
4
|
Pilihan tata bahasa
|
Sangat tepat
|
5
|
Tepat
|
4
|
||
Cukup tepat
|
3
|
||
Kurang tepat
|
2
|
||
Tidak tepat
|
1
|
Penilaian
Keterampilan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
2
|
Intonasi
|
Hampir sempurna
|
5
|
Ada beberapa kesalahan namun tidak
mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makna
|
1
|
||
3
|
Kelancaran
|
Sangat lancar
|
5
|
Lancar
|
4
|
||
Cukup lancar
|
3
|
||
Kurang lancar
|
2
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||
4
|
Ketelitian
|
Sangat teliti
|
5
|
Teliti
|
4
|
||
Cukup teliti
|
3
|
||
Kurang teliti
|
2
|
||
Tidak teliti
|
1
|
c.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam
jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar
berinteraksi dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) mengucapkan terimakasih,
(d) meminta maaf, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
..........................................
|
................, …...........
Guru
Mata Pelajaran
…............................
|