1.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli
(toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
3.1
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan
diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan
dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun.
3.4
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.
3.6
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.7
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/ tindakan/fungsi
orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.10
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda,
sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11
Memahami
fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu.
|
3.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
3.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan
diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.3
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.4
Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
3.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.6
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.7
Menyusun
teks tulis label nama (label) dan
daftar barang (list), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.8
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang,
dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.9
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tingkah laku/tindakan/fungsi dari orang, binatang, dan benda, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.10 Menangkap makna teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice),
tanda peringatan (warning/caution),
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
3.11 Menyusun teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
3.13 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
3.14 Menangkap makna lagu.
|