2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli
(toleransi,
gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar
pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkanperilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan persetujuan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
dan himbauan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.4 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan
tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyuruh
dan melarang melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.6
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks
label obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks
prosedur dengan menyatakan dan menanyakan tentang resep dan manual, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat
ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu
lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.10 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan hubungan sebab
akibat dan hubungan kebalikan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk cerita rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.13 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual
report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas
IX.
3.14 Menyebutkan struktur teks, unsur kebahasaan,
dan fungsi sosial dari teks iklan produk dan jasa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.15 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan
dalam lagu.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis
sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau
doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
persetujuan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan
himbauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan
tujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang suruhan dan
larangan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menangkap makna label obat/makanan/minuman, sangat pendek dan
sederhana.
4.7
Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis,
berbentuk resep dan manual, pendek dan sederhana.
4.8
Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, berbentuk resep dan manual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.9
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi pada
saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan
waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menangkap makna teks
naratif, lisan dan tulis, berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana.
4.13 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (report) lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.
4.15 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan
peristiwa alam dan sosial,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.16 Menangkap makna dalam teks iklan produk dan jasa, sangat pendek dan
sederhana.
4.17 Menangkap makna lagu.
|