2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komuknikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan
meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan
meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan
dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks
undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting
card), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang
tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin
atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung
saat ini, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan perbadingan jumlah dan sifat orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan
menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.12 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount
dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.13 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial dari teks pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan (notice),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk
fabel, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.15 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana
untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menangkap
makna undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana.
4.5
Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keberadaan
orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan
kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian
yang sedang dilakukan/berlangsung saat ini, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab
akibat dan hubungan kebalikan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menangkap makna dalam
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek
dan sederhana.
4.12 Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.14 Menangkap makna teks recount lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.15 Menyusun teks recount lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.16 Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana.
4.17 Menyusun teks tulis pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.18 Menangkap makna teks naratif lisan
dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana.
4.19 Menangkap makna lagu.
|