Kurikulum 2013: RPP Kelas.8 (a) meminta perhatian “When English Rings a Bell” kelas VIII halaman 2–7(2 JP)

RPP Kelas.8 (a) meminta perhatian “When English Rings a Bell” kelas VIII halaman 2–7(2 JP)

Perangkat Pembelajaran - Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 8 sesuai Kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SMP ................................
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER : VIII/I
MATERI POKOK : Teks lisan dan tulis untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya.
ALOKASI WAKTU : 1 X 2 JP
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk (a) meminta perhatian, (b) mengecek pemahaman, (c) menghargai kinerja yang baik, dan (d) meminta/mengungkapkan pendapat serta responnya, untuk melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai.

B.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komuknikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator
1. Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam belajar.
2. Menunjukan sikap jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3. Memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya.
4. Menggunakan struktur teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang runut dan tepat.
5. Menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) dalam teks lisan berupa ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya yang benar.

C.MATERI PEMBELAJARAN
FungsiSosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a. Excuse me. Attention, please. Yes, please. Alright., dan semacamnya.
b. She's kind, isn't she? Yes she is.
Understood? Is it clear? Yes, sir.,
dan semacamnya.
c. That's great. It's beautiful. Excellent! Thank you., dan semacamnya.
d. What do you think? Rudi did it well, didn't he? Is that how you say it? Yes, I think so. I don't think so. No., dan semacamnya.

Unsur kebahasaan
a. Kosakata : kata sifat sederhana
b. Tata bahasa : kata rujukan it, they, these, those, that, this.
c. Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frase nominal.
d. Ucapan, tekanan kata, dan intonasi
e. Ejaan dan tanda baca
f. Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, displin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D. METODE PEMBELAJARAN
Scientific Approach dengan model Problem Based Learning

E. MEDIA PEMBELAJARAN
Papan tulis dan spidol

F. SUMBER BELAJAR
Buku paket siswa "When English Rings a Bell kelas VIII halaman 2 - 7

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Fase
Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam yang disampaikan oleh guru
2. Peserta didik merespon pertanyaan guru berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya
3. Peserta didik menebak kata yang dimiliki oleh guru (ATTENTION) dengan menggunakan permainan "hang man"
4. Peserta didik mencari arti kata yang sudah ditebak.
5. Peserta didik mengaitkan kata yang ditebak untuk merumuskan tujuan pembelajaran hari ini dengan bimbingan guru
6. Peserta didik memahami tujuan pembelajaran hari ini
10 menit
Inti
Mengamati
- Peserta didik mengamati gambar yang terdapat pada buku paket tentang percakapan meminta perhatian.
- Peserta didik memperhatikan contoh pengucapan ungkapan perhatian yang disampaikan oleh guru terutama pada aspek pengucapan, tekanan kata, dan intonasi.
- Peserta didik bermain peran (role play) menirukan contoh-contoh interaksi meminta perhatian secara berpasangan.
Menanya
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan perbedaan antara cara meminta perhatian dalam bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa saling menanyakan arti kata yang tidak mereka pahami dengan menggunakan bantuan kamus.
Mengumpulkan informasi
- Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan meminta perhatian dari beberapa contoh yang diberikan dengan bimbingan dan arahan guru.
Mengasosiasikan
- Peserta didik menyusun dialog menggunakan ungkapan meminta perhatian setelah mengidentifikasi contoh-contoh yang sudah dipelajari.
Mengkomunikasikan
- Peserta didik bermain peran (role play) menggunakan dialog yang sudah dibuat.
60 menit
Penutup
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
Peserta didik merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait materi pembelajaran.
Peserta didik mengetahui materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Peserta didik merespon salam yang diberikan oleh guru.
10 menit
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Kriteria Penilaian
- Tingkat ketercapaian fungsi sosial ungkapan
- Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks meminta perhatian.
- Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi dalam teks lisan meminta perhatian.
- Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan meminta perhatian.
2. Cara Penilaian
- Penilaian unjuk kerja role play

Nilai

Kriteria

Terbatas

Membaca naskah, kosa kata terbatas, tidak lancar

Memuaskan

Lancar, kosa kata dan kalimat berkembang serta ada transisi

Mahir

Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
- Penilaian
Sikap

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1

Santun

Sangat sering menunjukan sikap santun

5

Sering menunjukan sikap santun

4

Beberapa kali menunjukan sikap santun

3

Pernah menunjukan sikap santun

2

Tidak pernah menunjukan sikap santun

1

2

Peduli

Sangat sering menunjukan sikap peduli

5

Sering menunjukan sikap peduli

4

Beberapa kali menunjukan sikap peduli

3

Pernah menunjukan sikap peduli

2

Tidak pernah menunjukan sikap peduli

1

3

Jujur

Sangat sering menunjukan sikap jujur

5

Sering menunjukan sikap jujur

4

Beberapa kali menunjukan sikap jujur

3

Pernah menunjukan sikap jujur

2

Tidak pernah menunjukan sikap jujur

1

4

Disiplin

Sangat sering menunjukan sikap disiplin

5

Sering menunjukan sikap disiplin

4

Beberapa kali menunjukan sikap disiplin

3

Pernah menunjukan sikap disiplin

2

Tidak pernah menunjukan sikap disiplin

1

5

Percaya diri

Sangat sering menunjukan sikap percaya diri

5

Sering menunjukan sikap percaya diri

4

Beberapa kali menunjukan percaya diri

3

Pernah menunjukan sikap percaya diri

2

Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri

1

6

Bertanggung jawab

Sangat sering menunjukan sikap bertanggung jawab

5

Sering menunjukan sikap bertanggung jawab

4

Beberapa kali menunjukan bertanggung jawab

3

Pernah menunjukan sikap bertanggung jawab

2

Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung jawab

1

7

Kerja sama

Sangat sering menunjukan sikap kerja sama

5

Sering menunjukan sikap kerja sama

4

Beberapa kali menunjukan sikap kerja sama

3

Pernah menunjukan sikap kerja sama

2

Tidak pernah menunjukan sikap kerja sama

1

8

Cinta damai

Sangat sering menunjukan sikap cinta damai

5

Sering menunjukan sikap cinta damai

4

Beberapa kali menunjukan sikap cinta damai

3

Pernah menunjukan sikap cinta damai

2

Tidak pernah menunjukan sikap cinta damai

1

9

Berkomunikasi baik

Sangat sering menunjukan sikap berkomunikasi baik

5

Sering menunjukan sikap berkomunikasi baik

4

Beberapa kali menunjukan sikap berkomunikasi baik

3

Pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik

2

Tidak pernah menunjukan sikap berkomunikasi baik

1
- Penilaian Pengetahuan

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1

Tujuan komunikatif

Sangat memahami

5

Memahami

4

Cukup memahami

3

Kurang memahami

2

Tidak memahami

1

2

Kerunutan teks

Sangat runut

5

Runut

4

Cukup runut

3

Kurang runut

2

Tidak runut

1

3

Pilihan kosa kata

Sangat variatif dan tepat

5

Variatif dan tepat

4

Cukup variatif dan tepat

3

Kurang variatif dan tepat

2

Tidak variatif dan tepat

1

4

Pilihan tata bahasa

Sangat tepat

5

Tepat

4

Cukup tepat

3

Kurang tepat

2

Tidak tepat

1
- Penilaian Keterampilan

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1

Pengucapan

Hampir sempurna

5

Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

2

Intonasi

Hampir sempurna

5

Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

3

Kelancaran

Sangat lancar

5

Lancar

4

Cukup lancar

3

Kurang lancar

2

Tidak lancar

1

4

Ketelitian

Sangat teliti

5

Teliti

4

Cukup teliti

3

Kurang teliti

2

Tidak teliti

1
Mengetahui,............., ................
Kepala SekolahGuru Mata Pelajaran,
........................................................